PERATURAN SKILLS LAB

SHARE

Pedoman Tanggung Jawab Mahasiswa

 

  1. Clinical Skill Lab (Laboratorium Keterampilan Klinik) merupakan suatu perpanjangan dari program klinis dalam fase pendidikan akademik anda. Oleh karena itu, perilaku professional yang seharusnya dimiliki oleh seorang dokter, sudah diterapkan pada tahap ini. Ketentuan dan peraturan dalam proses pembelajaran, dapat dilihat dalam Buku Pegangan Mahasiswa Kedokteran.
  2. TIDAK ADA MAKANAN ATAU MINUMAN – akan mungkin dapat menyebabkan kerusakan pada perlengkapan
  3. ANAK – ANAK TIDAK DIPERBOLEHKAN MASUK  - risiko cedera yang mungkin dapat terjadi akibat perlengkapan
  4. TIDAK ADA HANDPHONE selama proses pembelajaran, apalagi saat ujian atau di daerah bekerja mahasiswa (Dimohon untuk menonaktifkan ponsel anda) – dapat sangat mengganggu mahasiswa ketika sedang ujian & praktik.
  5. Mahasiswa perlu menggunakan  kartu pengenal mahasiswa disetiap waktu saat berada didalam lab dan mengikuti aturan berpakaian yang telah direkomendasikan oleh fakultas.
  6. Mahasiswa harus menggunakan pakaian yang layak. Mengikuti aturan buku pegangan fakultas / ilmu kedokteran.
  7. Menghormati semua personil lab dan perlengkapan disetiap waktu.
  8. Anjuran : Mulai membuat sebuah buku catatan skill lab pada saat dimulainya program pendidikan dokter anda – Atur semua skill lab yang berhubungan dengan informasi (seperti kertas prosedur, buku Prosedur, catatan). Perlengkapan tersebut dapat digunakan disetiap semester.
  9.  Aturan dan Prosedur Skill Lab
  1. Penjadwalan ulang
  2. No Call No Show
  3. Pengujian Skill (Pengujian)
  4. Aturan remedial
  5. Uji kompetensi : Mahasiswa yang kembali
  6. Aturan Biaya Perlengkapan
  1. Lakukan peninjauan kembali dan periksa jadwal lab.
  2.  Masuk dan keluar dari lab harus sesuai dengan waktu yang ditetapkan saat praktik dan pengujian.
  3. Simpan semua jas dan tas buku anda didalam ruang penyimpanan. JANGAN disimpan di daerah praktik atau pengujian. Bawa semua barang berharga anda (dompet).
  4. Tinjau kembali semua silabus perkuliahan sesuai dengan tanggal yang ditetapkan dan kebijakan tugas akhir.

            Gagal untuk memenuhi batas waktu – Mungkin menyebabkan anda     gagal memenuhi tujuan perkuliahan.

  1. Manual sumber daya / materi referensi skill lab tersedia untuk referensi. Dapat Dimohon anda unduh dari website fakultas.
  2. Daerah praktik / pengujian : Ikuti arah / tanda untuk penggunaan ruangan lab dan perlengkapan lab. Minta pengarahan dan  untuk lokasi praktik atau perlengkapan  yang akan diujikan.
  3. Mahasiswa mungkin akan diberikan perlengkapan yang ditugaskan pada mereka untuk digunakan selama berlangsungna blok CSL tertentu. Jika anda ditugaskan pada perlengkapan tersebut dari skill lab, maka akan menjadi tanggung jawab anda untuk menjaga perlengkapan tersebut (seperti alat Cath atau Selang IV) agar tetap intak. Proses peminjaman alat dan bahan harus melalui POS yang berlaku dan dicatat dalam kartu control masing masing.
  4. Jika pada suatu waktu perlengkapan tersebut menjadi cacat, maka dimohon untuk mengembalikannya segera kedalam lab untuk diganti dan/ atau  diperbaiki.
  5. Troli perlengkapan & bahan praktik yang telah ditunjuk dan / atau kardus juga sudah tersedia. (Benda tersebut dapat membantu untuk mengangkut biaya laboratorium) Semua perlengkapan dan bahan untuk praktik akan digunakan kembali kecuali jika diberitahu sebaliknya. Dimohon UNTUK TIDAK MENGAKSES daerah lain kecuali di instruksikan. LIHAT TANDA & ARAHAN YANG TELAH DIPASANG
  6. Barang – barang lab : Ruangan, Perlengkapan (manikin, simulator, pompa IV) dan bahan dan alat/ instrumen sangat terbatas sedangkan penggunaan  tinggi, sehingga sangat diharapkan menggunakannya dengan baik dan benar.
  7. Saling berbagi barang dan perlengkapan (ruangan & bahan) ketika praktik mungkin akan dibutuhkan. Bekerja dalam bentuk kelompok juga sangat bermanfaat dalam pembelajaran.
  8. Manikin :
  1. Gunakan sarung tangan ketika akan memindahkan semua manikin dan bagiannya.
  2. JANGAN MEMINDAHKAN MANIKIN ATAU BAGIAN MANIKIN TANPA BANTUAN DARI PERSONIL LAB
  3. JANGAN menggunakan betadin pada manikin. Gunakan sabun sebagai pelicin untuk memasukkan pipa.
  4. Minta bantuan untuk penggunaan unit Vital Slim (TD, pemeriksaan).
  1. Gunakan tempat tidur untuk tujuan praktik dan pengujian saja.
  2. Orang yang ditunjuk untuk menjadi pasien harus membuka sepatu mereka pada saat berbaring ditempat tidur.
  3. Laporkan setiap kerusakan, ketidakamanan, atau gangguan pada perlengkapan kepada personil lab.
  4. Perlengkapan yang baru akan diminta untuk sebagian besar poin. Hal tersebut akan membantu untuk membatasi biaya skill lab. Jika anda kembali untuk mengulangi pengujian, maka anda mungkin tidak akan menggunakan perlengkapan yang baru.
  5. Jika anda sadar anda memiliki alergi lateks, atau kecurigaan alergi maka, akan menjadi tanggung jawab anda untuk memberitahukan personil lab. Sarung tangan bukan lateks dan perlengkapan bukan lateks telah tersedia jika dibutuhkan oleh mahasiswa.